recent posts

banner image

Ayu: Bernyanyi Bisa Mengelola Hatiku

Ayu: Bernyanyi Bisa Mengelola Hatiku


"Bagiku, benyanyi untuk menghibur diri dan meningkatkan hobi selama ini. Dari nyanyi, aku bisa mengelola suasana hati aku, dan bisa menjadi pelajaran tersendiri" kata Candhik Ayu Paskahrani, saat diwawancarai pihak Cover Lagu Keren.

Candhik, namanya memang unik. Katanya sih, Candhik itu diambil dari nama Candhik Kala yang artinya matahari terbenam, namun karena dia cewek, diganti dengan Candhik Ayu.

"Sementara Paskah itu karna aku lahir pada saat hari paskah, Rani itu diambil dari nama panjang ortu," lanjut perempuan 17 tahun itu tersenyum.

Menarik sebetulnya membahas Candhik Ayu. Konon katanya, nama itu berasal dari kebiasaan orang Jawa saat melihat matahari terbenam. Mereka akan berkata "Candhik Kala" untuk menggambarkan pantulan cahaya kemerah-merahan dari matahari senja.

Namun, seiring berjalannya waktu, banyak yang tidak mau menyebutnya dengan "candhik kala". Akhirnya namanya diubah sebutan candik ayu. Itu demi menghilangkan mitos tentang KALA yang identik dengan bahaya atau kejahatan. Sedikit berbeda dengan apa yang dikatakan Ayu, tapi intinya sama, demi kebaikan.

Mengapa sih kita bahas Ayu? 

Nah, buat kalian yang belum tahu siapa Ayu, boleh lihat di Instagram @Coverlagukeren. Di sana, ia mendapat ribuan view setelah berhasil memikat netizen dengan lagu Lagi Syantik milik Siti Badriah.


Untuk itu, Cover Lagu Keren berinisiatif mewawancarai perempuan kelaihran Yogyakarta, 13 April 2001 tersebut, secara khusus.

Baca Juga => Lirik Lagu Lagi Syantik - Siti Badriah

Buat yang penasaran bagaimana hasil wawancaranya? Yuk kita kenalan sama remaja "syantik" ini:

A: Ayu

============

Ayu, suara kamu kok enak banget di video cover Lagi Syantik, memang hobi nyanyi atau ada keturunan penyanyi? 

A: Keluarga saya suka dengan musik, jadi udah turun menurun, (juga) hobi saya nyanyi hehe

Sekarang Ayu lagi sibuk apa?

A: Kalau sekarang sibuk kegiatan sekolah sih, tapi udah mau free karena libur. Jadi yaa, kegiatan aku selama ini cuma sekolah, kegiatan gereja, sama kumpul keluarga sama temen

Btw, kan di Instagram @coverlagukeren kamu hits banget tuh sampai ribuan view, dengan bawain lagunya Siti Badriah yang Lagi Syantik. Itu kamu aransemen sendiri?

A: Iya aku aransemen sendiri, ngasal aja (ketawa).

Ayu: Bernyanyi Bisa Mengelola Hatiku

Mengapa kamu memilih lagu tersebut, apa karena ngefans sama Siti Badriah, atau emang lagunya enak buat di-cover?

A: Karna pas itu lagunya lagi hitz-hitznya dan enak aja didengerin

Memang sejak kapan mulai suka nyanyi? 

A: Udah sejak TK (Taman Kanak-Kanak) aku suka nyanyi. Ikut paduan suara di sekolah gitu.

Bagi Ayu sendiri, kamu bernyanyi untuk apa sih?

A: Aku bernyanyi untuk menghibur diri dan meningkatkan hobi aku selama ini. Dari nyanyi, aku bisa mengelola suasana hati aku, dan bisa menjadi pelajaran tersendiri.

Soal bernyanyi, kamu belajar sendiri atau dilatih? 

A: Belajar sendiri. Kalau pas TK aku ikut paduan suara, di SD juga. (Sementara) SMP aku ikut band dan aku jadi vocalnya, SMA aku nyanyi diluar. Jadi di dalem sekolah (Waktu SMA), aku engga ikut kegiatan yang nyanyi, karna aku mau coba hal yang beda aja, dan kalau myanyi aku bisa sambi di luar sekolah juga. Seperti di gereja, aku digereja ikut padus saat SMA ini.

Adakah karakter khusus yang kamu gunakan dalam bernyanyi? Misal, di saat orang-orang menggunakan vibra, kamu memilih tidak menggunakan vibra, dsb.

A: Selama aku di padus, aku pasti dapat suara sopran, dan banyak yang bilang aku bisa ngelola nyanyi aku dengan cara suaranya dilengkung-lengkungin.

Soal musik, Ayu sukanya musik jenis apa? Mengapa musik itu yang Ayu suka?

A: Aku musik sukaa pop, karena kalau pop itu kadang feel-nya lebih dapet, dan buat nada-nadanya atau liriknya mudah dicerna.

Kalau diliat dari Instagramnya, Ayu nyanyi sambil bermain gitar, itu belajarnya sudah lama?

A: Gitar aku belajar dari SD kelas 5

Bagaimana cara kamu berlatih gitar? Mungkinkah rutin seminggu sekali bersama mentor, atau seperti apa?

Aku beljar gitar sendiri, dengan lihat chord di internet. Kalau pun ada yang susah, kadang tanya ke kakak karena kakak juga suka dengan musik. Aku sih main gitar itu terganting mood dan kalau ada lagunya yang lagi aku suka banget.

Selain gitar, Ayu bisa main alat musik apa aja? 

A: Suling sama pianika (ketawa)

Ada yang menarik dari Instagramu, kamu suka bermain musical.ly. Mengapa bisa senang bermain itu? 

A: Iyaaa, musically juga buat sebagai hiburan kalau aku lagi gabut (gak ada kerjaan), karena musically itu bikin kita itu naikin kreativitas kitaa. Kita juga bisa berbaur atau kenal orang-orang dari luar kota.

Gak mau coba tiktok?

A: Tiktok aku juga mainn kok (ketawa)

Balik lagi ke musik. Menurut kamu, musik itu apa sih?

A: Musik menurut aku itu seperti lembaran buku, yang dimana kadang perasaan kita bisa kita curahkan pada sebuah musik atau lagu, musik juga bisa sebagai motivasi kita,dan semangat kita

Kamu bisa hidup gak kalau gak ada musik? 

A: Hidup pasti sih (ketawa), cuma pastii bakat aku hanya gitu-gitu aja dan tidak berkembang, dan yang pasti, aku kurang mendapatkan informasi soal bermusik kalau tanpa musik.

Ke depan, mau cover lagu keren apa lagi nih? 

A: Mau cover lagu "Anji - Menunggu Kamu" karena udah ada yang request (nyengir)

Terakhir, ada pesan gak dari kamu buat orang-orang yang masih malu-malu untuk bernyanyi? Kan banyak tuh orang-orang yang jago nyanyi, tapi diem-diem aja gak mau nunjukin talentanya. 

A: Pesan aku, jangan malu-malu buat kembangin bakat kalian semuaa, karna kalian yang akan dapat hasilnya baik itu positif atau negatif. Dan semua itu butuh proses, jangan patah semangat kalau gagal, karena sebuah proses tidak akan menghianati hasil. Dan pasti kalian akan puas dan bangga dengan hasil yang kalian dapat dari bakat kalian.

Tapi juga harus tetap rendah hatii yaaaa :)

Tetep inget dukungan dari keluarga khususnya, teman dan Tuhan. Tanpa mereka kita gabisa maju untuk meraih kesuksesan. Hal kecil bisa kita kembangkan untuk jadi lebih besar. Pokoknya tetap semangat!

A post shared by Ayu🍫 // REAL ACCOUNT (@cayupskhrni) on
=====================

Nah itu dia hasil wawancara Cover Lagu Keren bersama Ayu --penyanyi terhits bulan Juni ini. Buat kamu yang mau diwawancara juga kayak Ayu, bisa banget. Tinggal kirim video cover terkeren kamu ke @coverlagukeren di Instagram.

Tag @coverlagukeren dan lengkapi dengan hastag #Coverlagukeren

Jika lolos dan viewnya banyak, seperti Ayu yang mencapai ribuan, akan kami wawancarai. Jadi, mari bernyanyi, karena bernyanyi adalah cara terelegan mengekspresikan perasaan.

Semangat! Tetap keren!
Ayu: Bernyanyi Bisa Mengelola Hatiku Ayu: Bernyanyi Bisa Mengelola Hatiku Reviewed by Hotlas Mora Sinaga on June 04, 2018 Rating: 5

No comments:

Terimakasih sudah membacanya! Tetap berbuat baik adalah pilihan.

Powered by Blogger.