recent posts

banner image

Profil dan Fakta di Balik Band Musik Kodaline


Setelah sebelumnya saya memberikan sedikit gambaran tentang band musik Kodaline lewat lagu 'All I Want' di artikel Cover All I Want - Kodaline Terkeren Bulan Ini, kini saya ingin membahas profil dan fakta band musik tersebut.

Kodaline adalah band alternatif rock asal Irlandia yang berbasis di Kota Dublin. Untuk diketahui, mereka awalnya memakai nama '21 Demands' sejak 2005 sampai 2011.

Saat itu, 21 Demands memiliki empat personil yaitu Steve Garrigan (Vokalis), Mark Prendergrast (Gitar), Vincent May (drum), dan Conor Linnane. Nama 21 Demands cukup dikenal karena debut single-nya, "Give Me A Minute", menududuki puncak Singles Chart Irlandia.

Selain "Give Me A Minute", lagu-lagu yang sudah dibuat oleh band 21 Demands antara lain:

- People We Grew Up
- Life Is A Fairground
- Give Me A Minute
- Burid Heart
- Surrender
- Obsession
- One Of Those Days

Berikut ini lagu "Give Me A Minute" seperti diunggah KodalineFanbase:


Band ini baru mengalami penggantian personil dan perubahan nama menjadi Kodaline pada 2011. Conor Linnane keluar, sementara Jason Boland (pemain bass) bergabung dengan Kodaline.

Mereka berempat merilis mini album pertamanya dengan tajuk "The Kodaline EP" pada Jumat, 7 September 2012. Salah satu lagunya adalah "All I Want", yang mendapat banyak penghargaan dan pujian hingga kini masih laku di Youtube.


Lagu All I Want begitu fenomenal hingga terpilih sebagai BBC Radio 1 DJ Fearne Cotton Record of the Week, ditampilkan season ke-9 untuk episode Anatomi Grey, "Remember the Time", dan diputar sebagai musik latar Google 2012: Year in Review Video.


Hingga 17 Juni 2013, Kodaline akhirnya merilis album studio pertamanya dengan judul "In A Perfect World". Lagu-lagu dari album tersebut selain All I Want adalah One Day, Love Like This, High Hopes, Brand New Day, After The Fall, Big Bad World, All Comes Down, Talk, Pray, dan Way Back When.

Album tersebut tak perlu waktu lama untuk menduduki posisi Pertama dalam Irish Album (IRMA).

"Musik tidak hanya musik, akan tetapi sebuah terapi. Ketika kita menulis sebuah lagu, hal pertama yang kita pikirkan adalah terapi bagi kita. Lalu kita berpikir tentang bagaimana kita dapat menggunakan perasaan itu untuk menyentuh orang banyak." - Steve Garrigan.

Pada 2015, band Kodaline mengeluarkan album kedua mereka yang rilis pada 9 Februari 2015 dengan judul "Coming Up For Air". Lagu-lagu dalam album kedua ini antara lain: Honest, The One, Auto Pilot, Human Again, Unclear, Coming Alive, Lost, Ready, Better, Everything Works Out in the End, Play The Game, dan terakhir Love Will Set You Free.

Itu tadi sedikit profil Kodaline. Kini saya akan membeberkan beberapa fakta dari band kuartet tersebut:

1. Bertemu di Paduan Suara Sekolah

Steve dan Mark
Steve, Mark, dan Vinny rupanya telah berteman sejak lama. Adapun dari ketiganya, adalah Steve dan Mark yang paling lama berteman yakni sejak usia 8 tahun.

Mereka berdua saling mengenal saat mengikuti paduan suara sekolah. Uniknya, tidak ada laki-laki lain kecuali mereka berdua.

"Kami berada di sana untuk menggaet perempuan tentu saja," guyon Mark.

Persahabatan keduanya begitu kuat sejak saat itu. Bahkan mereka mengaku bisa saling membaca pikiran.

"Kami pada dasarnya bisa membaca pikiran satu sama lain sampai titik ini, karena kami sudah saling kenal begitu lama," kata Steve.

2. Sempat Putus Kuliah


Personel Kodaline bukanlah teladan yang baik untuk pendidikan. Mereka putus kuliah karena terlalu sering menulis lagu dan fokus memainkannya.

Meski begitu, mereka tetap bisa jadi teladan dalam hal meraih mimpi. Putus sekolah bukan jadi alasan untuk berhenti berkarya bagi mereka.

"Saya putus kuliah dan membuat orang tua saya khawatir sampai mengatakan 'Apa yang kamu lakukan?'. Tidak ada tawaran manggung dan tidak ada uang, kita hanya berpikir, 'Persetan, mari kita eksekusi (lagunya)'," kata Steve.


3. Pernah Ikutan Talent Show


Dibalik kesuksesan Kodaline, rupanya ada perjalanan panjang. Salah satu jalan yang mereka tempuh ialah mengikuti salah satu talent show di Irlandia, pada tahun 2007.

Kodaline, yang waktu itu masih dikenal dengan nama 21 Demands, jadi salah satu peserta dalam acara TV bernama ‘You’re a Star’. Tampil luar biasa, mereka berhasil meraih runners-up dari acara itu.

4. Video klip Kodaline Selalu Punya Makna


Dikemas seperti film pendek, rata-rata video klip Kodaline mempunyai makna yang  dalam. Dengan begitu, mereka ingin para pendengarnya tak hanya terhanyut dalam lagu, tapi juga dengan sedikit cuplikan yang mereka buat.

Faktanya lagi, di salah satu video klip Kodaline, ada bantuan Courteney Cox. Wanita yang populer berkat serial ‘Friends’ dan film ‘Scream’ ini menyalurkan bakat di belakang kamera lewat salah satu lagu Kodaline, ‘Love Will Set You Free’.


Cox sendirilah yang mengambil gambar setiap cuplikan video lagu tersebut. Tidak hanya Cox yang berperan, lagu ini ternyata juga dibantu penulisannya oleh tunangan Cox, yaitu Johnny McDaid, yang merupakan gitaris Snow Patrol.

Sekarang udah lebih kenal dengan Kodaline? Kira-kira single dan lagu mana sih, yang kalian suka?





Sumber:
Rayabilly , Storyfauziah, Generation-G, Youtube
Profil dan Fakta di Balik Band Musik Kodaline Profil dan Fakta di Balik Band Musik Kodaline Reviewed by Hotlas Mora Sinaga on February 12, 2018 Rating: 5

No comments:

Terimakasih sudah membacanya! Tetap berbuat baik adalah pilihan.

Powered by Blogger.